-->
dibuat oleh anak 7.1. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Blog Stats

"Tûranor PlanetSolar" Kapal Tenaga Surya Yang Mengelilingi Dunia

http://en.solarpower.vn/userfiles/assets/SolarpoweredboatPlanetSolar.jpg



Berlayar dengan sebuah kapal besar, tentu memiliki sensasi berbeda yang mengasyikkan. Apalagi dengan sebuah kapal tenaga surya dalam mengarungi lautan luas dan mengelilingi dunia. Ramah lingkungan, karena tanpa embel-embel polusi udara.



http://infosukasuka.files.wordpress.com/2010/11/130.jpg


Satu bulan setelah mereka memulai perjalanan mengelilingi dunia dalam sebuah kapal bertenaga surya, kru Eropa dari kapal "Tûranor PlanetSolar", berhasil menarik rasa ingin tahu beberapa penghuni lokal Samudra Atlantik.http://greenopolis.com/files/images/solar_boat01.jpg


“Kami berlayar beriringan dengan paus sperma selama hampir 20 menit,” kata nakhoda kapal, Patrick Marchesseu. “Mereka kedengarannya merasa nyaman dengan tamu yang tidak menimbulkan kebisingan.”




http://www.cowesonline.com/d/PlanetSolar%20on%20the%20sea.jpg

Tamu yang tidak berisik tersebut berbobot 95 ton, mulai bertolak pada bulan September 2010 dari Monaco untuk suatu perjalanan yang diperkirakan menghabiskan waktu delapan bulan.http://images.passionperformance.ca/photos/0/5/9/059323_Le_bateau_solaire_TURANOR_PlanetSolar_arrive_a_Miami.jpg


Kapal senilai 17,5 juta dolar AS itu, bisa mencapai kecepatan 12 knot dan bertujuan untuk menunjukkan potensi perjalanan bebas polusi udara.



http://visforvoltage.org/sites/default/files/u30/monaco1.jpg


Namun, beberapa tradisi pelayaran masih bertahan : Beriringan dengan adanya pelayaran pertama melintasi Kathulistiwa, kata pemimpin proyek Gerhard Beinhauer, maka dilakukan pula suatu upacara atau ritual perjalanan “dengan Dewa Neptunus, yang dibantu oleh Helios, Dewa Matahari.”


http://www.charterworld.com/news/wp-content/uploads/2010/10/1st-Solar-boat-expedition-%E2%80%98T%C3%9BRANOR-PlanetSolar-Catamaran%E2%80%99-reaches-the-Canary-Islands-Credit-PlanetSolar-665x443.jpg


Selama upayanya mengelilingi dunia, Tûranor PlanetSolar, berlayar pada lintasan 30 derajat garis lintang Khatulistiwa untuk memaksimalkan paparan sinar matahari.


http://www.staplenews.com/storage/post-images/Worlds%20Largest%20Solar-Powered%20Boat%20Successfully%20Crosses%20Atlantic%201.jpg?__SQUARESPACE_CACHEVERSION=1291280266379



Cara Kerja Tûranor PlanetSolar

http://cdn.slashgear.com/wp-content/uploads/2010/11/PlanetSolar.jpg

* Sinar matahari mengenai 825 panel surya—beberapa dipasang di bagian sayap yang diperpanjang—yang dapat menghasilkan listrik sampai 93,5 kilowatt.

* Baterai Lithium-ion di kedua pengapung menggerakkan kapal tersebut pada malam hari dan cukup untuk melewati tiga hari penuh tanpa sinar matahari. * Sebuah komputer mengendalikan aliran energi ke baterai tersebut dan motor-motor yang menggerakkan baling-baling kapal pesiar sepanjang 1,8 meter.


http://www.boatinternational.com/superyachtmarketintelligence/wp-content/uploads/2011/02/planet-solar-yacht.jpg

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar

LET'S ROCKING!