-->
dibuat oleh anak 7.1. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Blog Stats

Kecerdasan Domba Melebihi Monyet



Dibalik keluguan yang terpancar dari hewan satu ini, domba memiliki kecerdasan yang luar biasa. Terbukti dari ujian psikologis, domba berhasil lulus sementara spesies monyet gagal melakukannya.




Sebelum ini, domba belum pernah dipertimbangkan sebagai binatang cerdas. Namun ilmuwan menegaskan, domba sebenarnya sangat pintar, sehingga bisa mengambil 'keputusan eksekutif' serta memiliki ingatan yang sangat kuat.

Domba bisa mengingat wajah domba lainnya ataupun manusia selama dua tahun. Mereka juga bisa mengingat kembali wajah-wajah itu ketika melihat foto. Demikian hasil penelitian sejumlah ilmuwan Universitas Cambridge seperti dilansir Telegraph, Senin (14/2/2011).

Dr. Laura Avanzo dan Dr. Jennifer Morton menemukan fakta ini secara tidak sengaja di tengah penelitian mereka terhadap penyakit Huntingdon, yang bisa berujung pada kerusakan syaraf dan dementia.

Mereka kemudian menguji tujuh domba betina untuk melakukan rangkaian percobaan yang biasa dilakukan terhadap penderita Huntingdon. Setiap domba dihadapkan dengan sepasang ember berwarna, di mana salah satunya berisi makanan. Para peneliti menukar makanan dari setiap ember, seraya mengubah warna dan bentuk ember.

Domba-domba itu ternyata menyadari adanya perubahan warna dan segera mengubah tindakan mereka, bergantung pada pola warna yang ada di hadapan mereka. Hal itu juga terjadi ketika bentuk ember mereka ditukar.

Penemuan ini begitu mengejutkan, karena biasanya hanya manusia dan beberapa jenis primata lain yang bisa melewati tes ini dengan mudah.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar

LET'S ROCKING!