-->
dibuat oleh anak 7.1. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Blog Stats

Nabi Dan Rasul Di Dalam Ajaran Islam

http://1.bp.blogspot.com/_byv3xd2naUk/SzLuV9gZxLI/AAAAAAAAAF4/aaQQu3ccpg4/s400/kisah-para-nabi.gif

Seperti yang tertuang di dalam Rukun Iman yang ke-4 pada ajaran Islam, Iman kepada rasul-rasul Allah, maka seluruh umat Islam wajib untuk mengetahui dan mengimani nabi dan rasul-rasul Allah SWT.


Jumlah nabi dan rasul yang wajib untuk diketahui, yaitu berjumlah 25 orang. Rasul sudah pasti seorang Nabi, sedangkan Nabi belum tentu seorang Rasul. Nama 25 Nabi dan Rasul itu, ialah sebagai berikut :


1. Nabi Adam A.S

2. Nabi Idris A.S

3. Nabi Nuh A.S

4. Nabi Hud A.S

5. Nabi Shaleh A.S

6. Nabi Ibrahim A.S

7. Nabi Ismail A.S

8. Nabi Ishaq A.S

9. Nabi Luth A.S

10. Nabi Ya'qub A.S

11. Nabi Yusuf A.S

12. Nabi Zulkifli A.S

13. Nabi Syu'aib A.S

14. Nabi Musa A.S

15. Nabi Harun A.S

16. Nabi Daud A.S

17. Nabi Sulaiman A.S

18. Nabi Ilyas A.S

19. Nabi Ilyasa A.S

20. Nabi Ayyub A.S

21. Nabi Yunus A.S

22. Nabi Zakariya A.S

23. Nabi Yahya A.S

24. Nabi Isa A.S

25. Nabi Muhammad S.A.W


Para Nabi dan Rasul mempunyai 4 sifat wajib dan 4 sifat mustahil, serta satu sifat jaiz, yaitu :

1.Shiddiq (benar), Mustahil ia Kizib (dusta).

2.Amanah (dapat dipercaya), mustahil Khianat (curang).

3.Tabliqh (Menyampaikan wahyu kepada umatnya), Mustahil Kitman (menyembunyikan Wahyu).

4.Fathonah (Pandai/cerdas), Mustahil Jahlun (Bodoh).

5.Bersifat jaiz yaitu Aradhul Basyariyah (sifat-sifat sebagaimana manusia).


Kata "nabi" berasal dari kata "naba", artinya dari tempat yang tinggi, karena itu orang "yang di tempat tinggi", semestinya punya penglihatan ke tempat yang jauh (prediksi masa depan) yang disebut "nubuwwah", kata "rasul" berasal dari kata "risala" yang berarti "penyampaian".

Nabi merupakan seseorang (lak-laki) yang diberi wahyu oleh Allah SWT dan tidak berkewajiban untuk menyampaikan wahyu tersebut kepada suatu umat di wilayah tertentu, yaitu hanya sebatas lingkungan keluarga dan kerabatnya.

Rasul adalah seseorang (laki-laki) yang diperintahkan Allah SWT untuk menyampaikan wahyu kepada kaum pada zamannya. Karena itu, para rasul, setelah lebih dulu diangkat sebagai nabi, bertugas untuk menyampaikan wahyu dengan berkewajiban atas suatu umat atau wilayah tertentu.

Al Qur'an menyebutkan beberapa orang nabi, dan nabi yang pertama adalah Nabi Adam AS sedangkan Rasullah Muhammad SAW adalah "Nabi Penutup" sekaligus yang mendapat gelar resmi di dalam Al Qur'an sebagai Rasulullah terakhir yang ditugaskan untuk menyampaikan Islam dan peraturan yang khusus kepada umat manusia di zamannya serta meliputi wilayah seluruh alam semesta 'Rahmatan lil Alamin' hingga di hari kiamat.

Sebagaimana disebutkan dalam hadits, bahwa jumlah para nabi sebanyak 124 ribu orang dan rasul berjumlah 312 orang.


Dari Abi Zar ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda ketika ditanya tentang jumlah para nabi, "Jumlah para nabi itu adalah seratus dua puluh empat ribu (124.000) nabi." "Lalu berapa jumlah Rasul di antara mereka?" Beliau menjawab, "Tiga ratus dua belas (312)."
(Hadits riwayat At-Turmuzy)


Selain ke-25 nabi sekaligus rasul, ada juga nabi lainnya seperti dalam kisah Khidir bersama Musa yang tertulis dalam Surah Al-Kahf ayat 66-82. Terdapat juga kisah Uzayr dan Syamuil. Juga nabi-nabi yang tertulis di Hadits dan Al Qur'an, seperti Yusya' bin Nun, Zulqarnain, Iys, dan Syits.

Nabi dan Rasul memiliki beberapa kriteria yang harus dipenuhi, di antaranya adalah sebagai berikut :

* Dipilih dan diangkat oleh Allah SWT.

* Mendapat mandat (wahyu) dari Allah SWT.

* Bersifat cerdas.

* Dari umat Bani Adam (Manusia).

* Nabi dan Rasul adalah seorang laki-laki.


"Kami tiada mengutus rasul rasul sebelum kamu (Muhammad), melainkan beberapa orang-laki-laki yang Kami beri wahyu kepada mereka, maka tanyakanlah olehmu kepada orang-orang yang berilmu, jika kamu tiada mengetahui."
(Al anbiyya’ 21:7)



"Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka..."
(An Nisaa' 4:34)



Demikian artikel tentang Nabi Dan Rasul di dalam ajaran Islam ini, insyaALLAH semakin mempertebal keimanan kita sebagai umat muslim.

Wassalam.






Sumber : Wikipedia©, berbagai sumber lainnya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar

LET'S ROCKING!